USAHA
EKONOMI KREATIF “INDEKOS PER JAM”
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Perekonomian Indonesia saat ini masih dalam tahap
perkembangan menuju sistem ekonomi yang lebih maju dan bermanfaat ke berbagai
pihak, terutama masyarakat menengah ke bawah. Hal ini menjadi titik pacu para enterpreuner muda untuk dapat membuat
usaha untuk memaksimalkan usaha-usaha yang ada. Berbagai jenis bentuk usaha di
Indonesia saat ini sudah cukup kreatif, namun ada beberapa usaha yang masih
belum maksimal. Maka dari itu, masalah yang kami angkat tentang usaha yang
masih belum maksimal dalam memperoleh laba.
Disini kami memperkenalkan cara atau sistem usaha
indekos baru dalam memaksimalkan pendapatannya. Dengan adanya sistem usaha
indekos yang baru ini kami mengharapkan bisa membantu masyrakat atau konsumen
khususnya untuk mahasiswa agar bisa membantu menyediakan tempat untuk
istirahat, berkumpul bersama teman, bisa juga untuk mengerjakan tugas kelompok.
1.2
Rumusan Masalah
·
Apa yang mendasari ide usaha indekos per
jam ini?
·
Apa kelebihan dan kelemahan indekos per
jam ini, dibanding indekos biasanya?
·
Alasan apa yang membuat indekos per jam
ini akan mampu bersaing dengan ekonomi
kreatif lainnya?
·
Bagaimana pengembangan usaha indekos per
jam ini, jika sudah mencapai titik kesuksesan ?
·
Resiko dan kendala apa yang akan timbul
dalam usaha ini, dan bagaimana antisipasinya?
·
Bagaimana aspek pemasaran dari indekos
per jam ini?
·
Apa pengaruh dari usaha ini, pada
perekonomian nasional?
1.3
Tujuan
Tujuan
usaha indekos per jam ini sebagai salah satu ekonomi kreatif, yaitu jika di lihat
dari segi sosial, dengan melihat masih banyaknya pengangguran, ketidakpuasan
konsumen (dalam hal ini adalah para mahasiswa dan karyawan-karyawan perkantoran
ataupun pekerja lainnya) dalam mendapatkan fasilitas istirahat yang nyaman,
aman, praktis, tidak dalam jangka panjang dan irit. Maka dengan adanya indekos
per jam ini, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru, karena terdapat
banyaknya kebutuhan sumber daya manusia untuk melayani kepuasan konsumen, dapat
membantu menyediakan tempat istirahat yang hanya bersifat sementara sesuai
kebutuhan dan waktu istirahat para konsumen yang biasanya hanya dalam hitungan
jam, dengan fasilitas yang nyaman, ongkos yang murah, dan mudah di jangkau.
Sedangkan jika dilihat dari segi perekonomian, dengan adanya indekos per jam
ini, di harapkan dapat menghemat ongkos atau uang transportasi oleh konsumen
yang mempunyai waktu istirahat yang sejenak dan tidak memungkinkan untuk beristirahat
di rumah. Juga untuk meningkatkan pendapatan dari pemilik indekos atau gedung
yang di gunakan untuk indekos per jam ini, juga lebih mengefisienkan penggunaan
tempat untuk beristirahat.
BAB
2
LANDASAN
TEORI
Menurut ahli ekonomi Paul Romer
(1993), ide adalah barang ekonomi yang sangat penting, lebih penting dari objek
yang ditekankan di kebanyakan model-model ekonomi. Di dunia dengan keterbatasan
fisik ini, adanya penemuan ide-ide besar bersamaan dengan penemuan jutaan
ide-ide kecil-lah yang membuat ekonomi tetap tumbuh. Arti dari ide itu sendiri
adalah instruksi yang membuat kita mengkombinasikan sumber daya fisik yang
penyusunannya terbatas menjadi lebih bernilai.
Berdasar landasan teori di atas,
maka dari itu kami membuat sebuah inovasi usaha baru yaitu usaha indekos per
jam. Bentuk usaha ini tidak pernah ada sebelumnya, oleh karena itu, diharapkan
usaha ini bisa direalisasikan dan memperoleh keberhasilan.
BAB
3
PEMBAHASAN
3.1
Aspek Pemasaran
·
Sasaran konsumen
Dalam
usaha indekos per jam ini, kami lebih memfokuskan ke mahasiswa & para karyawan
yang ada di lingkungan kampus, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi yang
lainnya yang mau singgah di indekos per jam ini.
·
Wilayah Pemasaran
Wilayah
pemasarannya lebih di fokuskan di daerah sekitar kampus, tidak hanya sebatas di
Universitas Gunadarma saja. Namun bisa juga diaplikasikan di wilayah
perkantoran.
·
Jumlah Target Konsumen
Untuk
jumlah target konsumen, di bulan pertama kami memperkirakan dalam seharinya
minimal akan tersewa selama lima jam.
·
Strategi pemasaran
Dalam
strategi pemasaran di awal kami akan berikan diskon agar sang konsumen
mengetahui kaberadaan dari indekos per jam ini. Lalu setelah bisnis ini
berjalan kami juga akan menambah fasilitas-fasilitas baru tentu dengan harga
yang masih terjangkau oleh konsumen.
·
Promosi
Untuk
promisi sendiri kita bisa membuat iklan disitus-situs internet dan memasang
papan nama di depan jalan, dan memberikan brosur kepada mahasiswa ataupun orang
sekitar.
3.2
Pemanfaatan TI
·
Rencana Pemanfaatan TI
Di
era modern seperti sekarang ini, kita tidak terlepas dari keberadaan teknologi
dan informasi yang berkembang pesat. Maka dari itu, usaha yang dijalankan dalam
hal ini pun serupa. Dengan adanya teknologi dan informasi, usaha dapat berjalan
dengan lebih mudah dalam aspek promosi kepada konsumen.
·
Pengembangan Usaha Melalui TI
Dalam
mengembangkan usaha, kita memerlukan promosi agar usaha yang kita jalankan
diminati banyak orang. Internet sebagai media promosi yang modern dan
cakupannya luas, akan digunakan untuk membantu dalam mengebangkan usaha ini.
Dengan cara membuat iklan di internet melalui blog, facebook, twitter, dan
masih banyak lagi jejaring sosial yang lain yang akan digunakan untuk media promosi.
Dengan cara memasang iklan melalu internet, kita dapat mencakup pangsa pasar
yang lebih besar meskipun tempat usaha yang ada tidak terlalu banyak.
3.3
Analisis Dampak dan Resiko Usaha
·
Dampak Terhadap Masyarakat
Usaha ini merupakan usaha penyedia jasa, yang sangat
berhubungan erat dengan kegiatan manusia
atau konsumen atau masyarakat, maka pengaruhnya pun besar bagi masyarakat.
Dengan adanya usaha ekonomi kreatif indekos per jam ini. Dapat membantu
memuaskan kebutuhan jasmani dan rohani masyarakat, khususnya dalam membantu
memberikan kepuasan masyarakat dalam beristirahat, mendapatkan fasilitas
istirahat yang memadai agar proses pekerjaannya pun dapat berjalan dengan
efisien. Tidak hanya berpengaruh pada masyarkat yang menjadi konsumen jasa
untuk indekos per jam ini saja. Namun masyarakat yang tidak menggunakan
fasilitas ini pun, akan mendapatkan dampak positif dari usaha ini, misalnya
membantu masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan, karena terdapatnya kebutuhan
sumber daya manusia untuk dapat melayani konsumen untuk jasa penyedia tempat
istirahat ini. Juga menimbulkan rasa aman bagi masyarakat sekitar lokasi, karena
tidak adanya penumpukan orang-orang yang hanya menumpang istirahat di depan
kios-kios atau warung-warung sekitar lokasi ini, pada waktu jam istirahat.
·
Analisis resiko usaha
Setiap usaha, usaha apapun baik usaha besar,
menengah ataupun usaha kecil, tentunya akan mempunya resiko usaha. Dalam usaha indekos
per jam ini pun tentunya memppunyai resiko usaha, baik dalam tahap promosi,
pengenalan, target konsumen ataupun persaingan dengan usaha lain. Resiko yang
paling menonjol adalah jika dalam tahap awal pengenalan promosinya, ternyata
minat konsumen tidak sesuai dengan perkiraan, dan target konsumennya tidak
mencapai target yang telah di tentukan. Tentu akan mengakibatkan kerugian
ataupun kegagalan usaha. Maka untuk mengantisipasinya, kami akan membahas pada
pembahasan berikutnya.
·
Antisipasi resiko usaha
Berdasarkan berbagai macam resiko yang telah di
perkirakan, dan dibahas di atas. Maka haruslah bagi kami membuat rencana untuk
mengantisipasi hal tersebut. Jika layanan indekos perjam ini kurang diminati,
mungkin kami akan mengubahnya menjad indekos bulanan. Namun saya rasa hal itu
kecil sekali kemungkinannya
3.4
Analisis Lingkungan Usaha
·
Kekuatan
Kelebihan yang ada dari usaha
indekos perjam ini yaitu menyediakan tempat istirahat atau tempat singgah yang
harganya tidak terlalu mahal. Sangat cocok bagi mahasiswa yang memiliki selang
waktu yang cukup lama ketika menunggu jam kuliah.
·
Kelemahan
Kepuasan
konsumen dan target pencapaian konsumen dapat menjadi salah satu kelemahan dari
usaha ini. Walaupun perkiraan secara umum tentang kedua hal tersebut telah kami
coba analisis dengan melakukan beberapa survey dalam ruang lingkup yang kecil,
namun kedua hal tersebut nantinya tetap saja bersifat subjektif atau tergantung
pada individu konsumen masing-masing. Dari pada itu, tidak dapat di pungkiri
jika itu nantinya akan menjadi sedikit kendala bagi kami dalam mencapai tingkat
kesuksesan jika ternyata kepuasan konsumen dan target konsumen, tidak sesuai
dengan perkiraan kami sebelumnya. Namun bagaimanapun, kami tetap berusaha
mencari antisipasi dalam permasalahan atau kendala yang akan menjadi kelemahan
bagi usaha kami ini.
·
Peluang
Banyak
mahasiswa yang jarak tempuh dari rumah ke kampus terlalu jauh. Oleh karena itu
indekos per jam dapat menjadi alternative tempat singgah atau tempat istirahat,
terutama mahasiswa. Selain itu besarnya pendapatan dalam usaha ini di
bandingkan usaha indekos biasa, juga dapat menjadi peluang emas tercapainya
tujuan kesuksesan usaha ini.
·
Kendala
Jika usaha ini nantinya mencapai titik kesuksesan,
tidak menutup kemungkinan bahwa akan banyak orang yang meniru bentuk usaha kami
dan menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Hal ini tentunya dapat
menurunkan kuantitas pendapatan bagi usaha kami.
3.5
Dampak Positif Bagi Perekonomian Nasional
·
Dapat meningkatkan ekonomi di lingkungan sekitar,
mengurangi pengangguran di lingkungan sekitar masyarakat yang semakin
bertambah.
·
Meningkatkan perekonomian pemerintah melalui :
dengan adanya Indekos Per Jam tersebut dapat membantu pemerintah untuk
meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang belum cukup maju.
·
Dan tentu saja dapat meningkatkan
kesejahteraan bagi masyarakat
BAB
4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Usaha indekos per jam ini merupakan sebuah usaha
ekonomi kreatif yang belum pernah ada. Bentuk usaha ini adalah inovasi dari
usaha indekos pada umumnya. Mengingat daya saing yang semakin tinggi, maka dari
itu indekos perjam diharapkan menjadi sebuah usaha baru yang memiliki peluang
lebih besar dibandingkan usaha atau bisnis lainnya
4.2 Pustaka
Budiarto,
Teguh. 2011. Dasar Pemasaran. Jakarta : Gunadarma
No comments:
Post a Comment