Tuesday 24 April 2012

USAHA EKONOMI KREATIF “INDEKOS PER JAM”


USAHA EKONOMI KREATIF “INDEKOS PER JAM”


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perekonomian Indonesia saat ini masih dalam tahap perkembangan menuju sistem ekonomi yang lebih maju dan bermanfaat ke berbagai pihak, terutama masyarakat menengah ke bawah. Hal ini menjadi titik pacu para enterpreuner muda untuk dapat membuat usaha untuk memaksimalkan usaha-usaha yang ada. Berbagai jenis bentuk usaha di Indonesia saat ini sudah cukup kreatif, namun ada beberapa usaha yang masih belum maksimal. Maka dari itu, masalah yang kami angkat tentang usaha yang masih belum maksimal dalam memperoleh laba.
Disini kami memperkenalkan cara atau sistem usaha indekos baru dalam memaksimalkan pendapatannya. Dengan adanya sistem usaha indekos yang baru ini kami mengharapkan bisa membantu masyrakat atau konsumen khususnya untuk mahasiswa agar bisa membantu menyediakan tempat untuk istirahat, berkumpul bersama teman, bisa juga untuk mengerjakan tugas kelompok.


1.2 Rumusan Masalah
·         Apa yang mendasari ide usaha indekos per jam ini?
·         Apa kelebihan dan kelemahan indekos per jam ini, dibanding indekos biasanya?
·         Alasan apa yang membuat indekos per jam ini akan mampu bersaing dengan  ekonomi kreatif lainnya?
·         Bagaimana pengembangan usaha indekos per jam ini, jika sudah mencapai titik kesuksesan ?
·         Resiko dan kendala apa yang akan timbul dalam usaha ini, dan bagaimana antisipasinya?
·         Bagaimana aspek pemasaran dari indekos per jam ini?
·         Apa pengaruh dari usaha ini, pada perekonomian nasional?

1.3 Tujuan
Tujuan usaha indekos per jam ini sebagai salah satu ekonomi kreatif, yaitu jika di lihat dari segi sosial, dengan melihat masih banyaknya pengangguran, ketidakpuasan konsumen (dalam hal ini adalah para mahasiswa dan karyawan-karyawan perkantoran ataupun pekerja lainnya) dalam mendapatkan fasilitas istirahat yang nyaman, aman, praktis, tidak dalam jangka panjang dan irit. Maka dengan adanya indekos per jam ini, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru, karena terdapat banyaknya kebutuhan sumber daya manusia untuk melayani kepuasan konsumen, dapat membantu menyediakan tempat istirahat yang hanya bersifat sementara sesuai kebutuhan dan waktu istirahat para konsumen yang biasanya hanya dalam hitungan jam, dengan fasilitas yang nyaman, ongkos yang murah, dan mudah di jangkau. Sedangkan jika dilihat dari segi perekonomian, dengan adanya indekos per jam ini, di harapkan dapat menghemat ongkos atau uang transportasi oleh konsumen yang mempunyai waktu istirahat yang sejenak dan tidak memungkinkan untuk beristirahat di rumah. Juga untuk meningkatkan pendapatan dari pemilik indekos atau gedung yang di gunakan untuk indekos per jam ini, juga lebih mengefisienkan penggunaan tempat untuk beristirahat.

BAB 2
LANDASAN TEORI
Menurut ahli ekonomi Paul Romer (1993), ide adalah barang ekonomi yang sangat penting, lebih penting dari objek yang ditekankan di kebanyakan model-model ekonomi. Di dunia dengan keterbatasan fisik ini, adanya penemuan ide-ide besar bersamaan dengan penemuan jutaan ide-ide kecil-lah yang membuat ekonomi tetap tumbuh. Arti dari ide itu sendiri adalah instruksi yang membuat kita mengkombinasikan sumber daya fisik yang penyusunannya terbatas menjadi lebih bernilai.
Berdasar landasan teori di atas, maka dari itu kami membuat sebuah inovasi usaha baru yaitu usaha indekos per jam. Bentuk usaha ini tidak pernah ada sebelumnya, oleh karena itu, diharapkan usaha ini bisa direalisasikan dan memperoleh keberhasilan.





BAB 3
PEMBAHASAN

3.1 Aspek Pemasaran

·         Sasaran konsumen
Dalam usaha indekos per jam ini, kami lebih memfokuskan ke mahasiswa & para karyawan yang ada di lingkungan kampus, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi yang lainnya yang mau singgah di indekos per jam ini.
·         Wilayah Pemasaran
Wilayah pemasarannya lebih di fokuskan di daerah sekitar kampus, tidak hanya sebatas di Universitas Gunadarma saja. Namun bisa juga diaplikasikan di wilayah perkantoran.
·         Jumlah Target Konsumen
Untuk jumlah target konsumen, di bulan pertama kami memperkirakan dalam seharinya minimal akan tersewa selama lima jam.
·         Strategi pemasaran
Dalam strategi pemasaran di awal kami akan berikan diskon agar sang konsumen mengetahui kaberadaan dari indekos per jam ini. Lalu setelah bisnis ini berjalan kami juga akan menambah fasilitas-fasilitas baru tentu dengan harga yang masih terjangkau oleh konsumen.
·         Promosi
Untuk promisi sendiri kita bisa membuat iklan disitus-situs internet dan memasang papan nama di depan jalan, dan memberikan brosur kepada mahasiswa ataupun orang sekitar.

3.2 Pemanfaatan TI
·         Rencana Pemanfaatan TI
Di era modern seperti sekarang ini, kita tidak terlepas dari keberadaan teknologi dan informasi yang berkembang pesat. Maka dari itu, usaha yang dijalankan dalam hal ini pun serupa. Dengan adanya teknologi dan informasi, usaha dapat berjalan dengan lebih mudah dalam aspek promosi kepada konsumen.

·         Pengembangan Usaha Melalui TI
Dalam mengembangkan usaha, kita memerlukan promosi agar usaha yang kita jalankan diminati banyak orang. Internet sebagai media promosi yang modern dan cakupannya luas, akan digunakan untuk membantu dalam mengebangkan usaha ini. Dengan cara membuat iklan di internet melalui blog, facebook, twitter, dan masih banyak lagi jejaring sosial yang lain yang akan digunakan untuk media promosi. Dengan cara memasang iklan melalu internet, kita dapat mencakup pangsa pasar yang lebih besar meskipun tempat usaha yang ada tidak terlalu banyak.

3.3 Analisis Dampak dan Resiko Usaha
·         Dampak Terhadap Masyarakat
Usaha ini merupakan usaha penyedia jasa, yang sangat berhubungan erat dengan kegiatan  manusia atau konsumen atau masyarakat, maka pengaruhnya pun besar bagi masyarakat. Dengan adanya usaha ekonomi kreatif indekos per jam ini. Dapat membantu memuaskan kebutuhan jasmani dan rohani masyarakat, khususnya dalam membantu memberikan kepuasan masyarakat dalam beristirahat, mendapatkan fasilitas istirahat yang memadai agar proses pekerjaannya pun dapat berjalan dengan efisien. Tidak hanya berpengaruh pada masyarkat yang menjadi konsumen jasa untuk indekos per jam ini saja. Namun masyarakat yang tidak menggunakan fasilitas ini pun, akan mendapatkan dampak positif dari usaha ini, misalnya membantu masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan, karena terdapatnya kebutuhan sumber daya manusia untuk dapat melayani konsumen untuk jasa penyedia tempat istirahat ini. Juga menimbulkan rasa aman bagi masyarakat sekitar lokasi, karena tidak adanya penumpukan orang-orang yang hanya menumpang istirahat di depan kios-kios atau warung-warung sekitar lokasi ini, pada waktu jam istirahat.

·         Analisis resiko usaha
Setiap usaha, usaha apapun baik usaha besar, menengah ataupun usaha kecil, tentunya akan mempunya resiko usaha. Dalam usaha indekos per jam ini pun tentunya memppunyai resiko usaha, baik dalam tahap promosi, pengenalan, target konsumen ataupun persaingan dengan usaha lain. Resiko yang paling menonjol adalah jika dalam tahap awal pengenalan promosinya, ternyata minat konsumen tidak sesuai dengan perkiraan, dan target konsumennya tidak mencapai target yang telah di tentukan. Tentu akan mengakibatkan kerugian ataupun kegagalan usaha. Maka untuk mengantisipasinya, kami akan membahas pada pembahasan berikutnya.


·         Antisipasi resiko usaha
Berdasarkan berbagai macam resiko yang telah di perkirakan, dan dibahas di atas. Maka haruslah bagi kami membuat rencana untuk mengantisipasi hal tersebut. Jika layanan indekos perjam ini kurang diminati, mungkin kami akan mengubahnya menjad indekos bulanan. Namun saya rasa hal itu kecil sekali kemungkinannya

3.4 Analisis Lingkungan Usaha
·         Kekuatan
Kelebihan yang ada dari usaha indekos perjam ini yaitu menyediakan tempat istirahat atau tempat singgah yang harganya tidak terlalu mahal. Sangat cocok bagi mahasiswa yang memiliki selang waktu yang cukup lama ketika menunggu jam kuliah.

·         Kelemahan
            Kepuasan konsumen dan target pencapaian konsumen dapat menjadi salah satu kelemahan dari usaha ini. Walaupun perkiraan secara umum tentang kedua hal tersebut telah kami coba analisis dengan melakukan beberapa survey dalam ruang lingkup yang kecil, namun kedua hal tersebut nantinya tetap saja bersifat subjektif atau tergantung pada individu konsumen masing-masing. Dari pada itu, tidak dapat di pungkiri jika itu nantinya akan menjadi sedikit kendala bagi kami dalam mencapai tingkat kesuksesan jika ternyata kepuasan konsumen dan target konsumen, tidak sesuai dengan perkiraan kami sebelumnya. Namun bagaimanapun, kami tetap berusaha mencari antisipasi dalam permasalahan atau kendala yang akan menjadi kelemahan bagi usaha kami ini.





·         Peluang
            Banyak mahasiswa yang jarak tempuh dari rumah ke kampus terlalu jauh. Oleh karena itu indekos per jam dapat menjadi alternative tempat singgah atau tempat istirahat, terutama mahasiswa. Selain itu besarnya pendapatan dalam usaha ini di bandingkan usaha indekos biasa, juga dapat menjadi peluang emas tercapainya tujuan kesuksesan usaha ini.  

·         Kendala
Jika usaha ini nantinya mencapai titik kesuksesan, tidak menutup kemungkinan bahwa akan banyak orang yang meniru bentuk usaha kami dan menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Hal ini tentunya dapat menurunkan kuantitas pendapatan bagi usaha kami.

3.5 Dampak Positif Bagi Perekonomian Nasional
·         Dapat meningkatkan ekonomi di lingkungan sekitar, mengurangi pengangguran di lingkungan sekitar masyarakat yang semakin bertambah.
·         Meningkatkan perekonomian pemerintah melalui : dengan adanya Indekos Per Jam tersebut dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang belum cukup maju.
·         Dan tentu saja dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat



BAB 4
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
Usaha indekos per jam ini merupakan sebuah usaha ekonomi kreatif yang belum pernah ada. Bentuk usaha ini adalah inovasi dari usaha indekos pada umumnya. Mengingat daya saing yang semakin tinggi, maka dari itu indekos perjam diharapkan menjadi sebuah usaha baru yang memiliki peluang lebih besar dibandingkan usaha atau bisnis lainnya


4.2  Pustaka
                                http://forum.kompas.com/nasional/44777-definisi-ekonomi-kreatif.html
                                Budiarto, Teguh. 2011. Dasar Pemasaran. Jakarta : Gunadarma

No comments:

Post a Comment